Budidaya Rumput Laut Terhadap Ekonomi Masyarakat Pesisir

Foto: blog.nature.org / Pinterest

Budidaya rumput laut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian masyarakat pesisir Sulawesi Selatan, Kabupaten Pangkajene, dimana sebanyak 11.063 orang bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani rumput laut. Pemberdayaan petani rumput laut bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dari segi perekonomian masyarakat dan mengurangi pengangguran. Selain itu, dibentuklah kelompok pembudidaya rumput laut oleh desa setempat untuk mempermudah memperoleh sarana dan prasarana yang dibiayai oleh pemerintah.

Tingkat ekonomi masyarakat pesisir meningkat, terbukti dengan terpenuhinya kebutuhan sehari-hari untuk membiayai pendidikan anak-anaknya. Budidaya rumput laut sangat bermanfaat bagi masyarakat pesisir karena kondisi laut yang luas. Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan turunnya pendapatan petani rumput laut, salah satunya adalah sampah plastik. Sampah plastik yang dibuang di sembarang tempat hingga mencapai laut menyebabkan kualitas rumput laut menurun.

Kita bisa mulai mengatur pembuangan sampah pada tempatnya dan tidak membuang bahan berbahaya ke sungai, sehingga tidak sampai ke laut. Selain menyelamatkan ekosistem laut, kita dapat membantu meningkatkan perekonomian petani rumput laut untuk menghasilkan rumput laut yang berkualitas sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Sehingga mereka akan merasa nyaman dalam membudidayakan rumput laut.

 

Sumber: Zainal Abidin, S. (2019). KONTRIBUSI USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT DALAM MEMPERLUAS LAPANGAN KERJA DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN CONTRIBUTION OF SEAWEED CULTIVATION BUSINESS IN.

Menu